Saturday, March 12, 2011

the beatles album help


The Beatles Album Help ! (1965)







Album Help ! merupakan album yang menjadi cetak biru bagi kejayaan band asal Liverpool ini. Mereka kembali membawakan karya-karya nya tanpa harus kompromi dengan karya orang lain. Selain itu album ini juga mulai menunjukkan progresifitas musik The Beatles yang menggejala. Sebagai contoh penggunaan sound yang terdengar mistis padahal hanya menggunakan petikan gitar pada lagu "Ticket To Ride" serta hentakan drum Ringo yang tak lazim dalam lagu itu. Selain itu mereka mulai menyajikan musik rock n roll yang sedikit condong ke post punk, karena saat itu musik post punk tengah menggejala pula lewat kehadiran band brutal asal Inggris, The Who dalam komposisi " My Generation". Komposisi yang sedikit post punk ini bisa disimak pada "Help !". Meski musik nya nggak sekasar "My Generation" nya The Who, namun lagu ini memiliki karakteristik irama yang nyaris mirip dengan band nya Roger Daltrey itu.
Album ini juga mulai menunjukkan gejala pengaruh psychedelick seperti pada lagu "You've Got To Hide Your Love Away" atau "I Need You" . Sound-sound yang nglangut mulai terdengar pada kedua lagu itu berasal dari permainan slap gitar George Harrison. Namun yang tidak boleh dilewatkan pada album ini adalah komposisi "Yesterday". Lagu yang semula berjudul "Scramble Eggs" ini adalah 100% karya Paul dan dinyanyikan sendiri oleh Paul tanpa kehadiran rekan-rekannya. Ihwal tercipta nya lagu muktahir ini berawal ketika suatu malam Paul tak dapat memejamkan mata nya untuk tidur. Lalu dia lari memainkan piano yang secara tiba-tiba mendapatkan nada-nada indah dari permainannya. Saat itu Paul belum yakin bila itu lagu ciptaannya. Dia lalu memperdengarkan pada siapa pun, namun tidak ada satu pun yang pernah mendengar lagu itu. Artinya, lagu itu memang bukan jiplakan dari lagu milik penyanyi lain. Setelah lirik lagu nya rampung, lagu yang kemudian berjudul "Yesterday" segera direkam oleh Paul di studio. Namun tak seorang pun personel The Beatles selain Paul yang hadir saat akan rekaman lagu itu. Terpaksa Paul meminta bantuan empat pemain cello untuk mengiringi nya membawakan lagu itu. Melalui permainan gitar akustik nya Paul lalu mendendangkan lagu yang kelak dibawakan beberapa penyanyi/ grup di seluruh dunia itu, sembari diiringi gesekan cello dari empat personel cabutan.
Sama halnya dengan album A Hard Days Night, album Help ! merupakan album yang dirilis bersamaan dengan rilis film Help !. Film kedua The Beatles ini jauh lebih bermutu daripada film pertama. Pasalnya, alur cerita nya cukup jelas. Yaitu gerombolan penganut sekte dari India yang mengincar keberadaan cincin keramat di jemari nya Ringo Star. Maka film berbalut komedi ini dari awal hingga akhir cerita menyajikan ulah konyol para personel The Beatles dikejar-kejar penganut sekte di India. Para penganut sekte itu meminta kepada orang yang mengenakan cincin keramat, harus dikorbankan kepada dewa. Tentu saja Ringo ogah menjadi korban dan dibantu ketiga rekannya melarikan diri dari kejaran kelompok sekte tadi. Ketika penggarapan film ini, The Beatles mulai berkenalan dengan alat musik sitar India dan kelak George Harrison yang serius mempelajari alat musik petik itu pada musisi India, Ravi Shankar (ayahnya penyanyi jazz, Norah Jones).

Track list :
- Help !
- The Night Before
- You've Got To Hide Your Love Away
- I Need You
- Another Girl
- You're Going To Lose That Girl
- Ticket To Ride
- Act Naturaly
- It's Only Love
- You Like Me Too Much
- Tell Me What You See
- I've Just Seen A Face
- Yesterday
- Dizzy Miss Lizzy

No comments:

Post a Comment