Saturday, March 12, 2011

Album Please Please Me


The Beatles - Album Please Please Me

The Beatles (
Album Please - Please Me (1963)

The Beatles memulai karier di jagad musik rock n roll dan pop sebagai band yang kerap malang melintang di pentas-pentas klub malam. Mereka saat itu masih berlima terdiri dari : John Lennon (vokal/gitar), Paul Mc Cartney (vokal/gitar), Stuart Sutclife (bas), George Harrison (gitar/ vokal), dan Pete Best (drum). Seiring dengan waktu ketika mereka menjadi band amatiran atau band panggung dari tahun 1960 - 1962 terjadi perubahan formasi. Stu yang memilih menjadi seniman lukis akhirnya digantikan posisi nya oleh Paul. Sedangkan Pete Best yang permainannya dianggap biasa-biasa saja oleh George Martin, produser dari Parlophone (kemudian menjadi produser The Beatles), posisi nya digantikan Ringo Star dari grup Rory Storm & The Huricane. Maka tiba kesempatan bagi The Beatles untuk merekam debut album nya dalam formasi berempat : John Lennon (vokal/ gitar), Paul Mc Cartney (vokal/ bas), George Harrison (vokal/ gitar), dan Ringo Star (drum/ vokal).
Usai melepas singel "Love Me Do"/ "PS I Love You" pada akhir tahun 1962, maka mereka mendapat kesempatan merekam debut album berjudul Please-Please Me pada awal tahun 1963. Album ini berisi 14 lagu dengan kadar musik yang masih biasa-biasa saja. Ada rasa pop, rock n roll, atau swing. Pengaruh kebesaran The Everly Brothers, Elvis Presley, dan biang rock n roll Chuck Berry sangat terasa di album ini. Ibarat manusia, mereka masih seperti bayi yang merambat jalannya walaupun telah menjadi band panggung terkenal di Inggris dan Hamburg. Komposisi "I Saw Her Standing There", "Boys", "There's A Place", hingga "Twist and Shout" mencoba membuktikan bahwa mereka terimbas ikon-ikon rock n roll mulai dari Elvis Presley, hingga Chuck Berry. Pakem rock n roll yang mereka mainkan masih mengekor ikon-ikon rock n roll itu, dalam arti mereka masih mencari jati diri sebagai band yang baru terjun ke dunia rekaman merilis album. Sedangkan influence dari Everly Brothers terletak dari harmonisasi vokal mereka nan manis. Vokal John yang cenderung datar dan serak dipadukan dengan vokal Paul yang sengau tetapi kerap menampilkan nada-nada tinggi, menjadi karakter tersendiri bagi The Beatles.
Sementara itu hentakan swing terasa pada komposisi "Love Me Do" yang lirik nya terdengar biasa-biasa saja. George Martin sebenarnya kurang menyukai lirik lagu tersebut yang terkesan mirip kumpulan ucapan cinta dalam kartu Valentine. Namun apa boleh buat bahwa singel ini mampu mencuri perhatian pecinta musik saat itu dan mengantarkan album Please-Please Me sebagai debut album terbaik mereka. Di Amerika, album ini baru dirilis pada tahun 1964 dengan judul Introducing The Beatles, karena pada tahun itu The Beatles mulai menjamah negeri paman sam. Sebelumnya, mereka hanya sebatas dikenal di Inggris.

Track List :
- I Saw Her Standing There
- Misery
- Anna (Go to Him)
- Chains
- Boys
- Ask Me Why
- Please - Please Me
- Love Me Do
- PS I Love You
- Baby Its You
- Do You Want To Know A Secret
- A Taste of Honey
- There's A Place
- Twist and Shout

No comments:

Post a Comment