Saturday, March 12, 2011

The Beatles - Album Revolver (1966)


The Beatles - Album Revolver (1966)


The Beatles
Album Revolver (1966)

Ketika The Beatles mulai dilanda kejenuhan tampil di muka publik. Selain itu mereka tengah menjadi incaran kaum penganut agama Kristen yang fanatik lantaran pernyataan pedas John Lennon : The Beatles Lebih Besar daripada Yesus Kristus, maka The Beatles merilis album yang materi nya tidak mungkin diusung di atas panggung. Namun sebenarnya materi album yang tidak bisa diusung di atas panggung sudah mulai dilakukan sejak album Rubber Soul (1965). Sedangkan materi album mereka berikut nya yang terangkum dalam album Revolver dan dirilis tahun 1966, benar-benar materi yang membutuhkan efek khusus dalam musik nya dan piranti yang tidak mungkin diusung di atas panggung.
Jika mereka membawakan lagu "Taxman" nya George Harrison yang beraroma India tetapi dikemas dalam alunan irama soul up tempo, toh bukan pekerjaan yang rumit. Namun ketika membawakan "Eleanor Rigby" yang dibalut dengan gesekan cello nan up tempo, tentu mereka akan kerepotan. Karena lagu ini tanpa diiringi petikan gitar. Bandingkan dengan "Yesterday" yang masih bisa ditutupi dengan petikan gitar akustik Paul ketika dibawakan di atas panggung. Atau komposisi "Love You To" yang tampil dalam irama gangga (musik India) dan tentu saja mengharuskan mereka mengusung musisi India, Anil Baqwat untuk memainkan tabla.
Album Revolver menjadi pemicu atau penyulut gebrakan revolusi musik dunia yang kemudian akan meledak di album Sgt Peppers Lonely Heart Club Band (1967). Selain memasukkan unsur musik India dalam lagu "Taxman", "Love You To", "She Said She Said", dan "Tomorrow Never Knows", mereka juga mengusung sound alat tiup untuk lagu "Got To Get You Into My Life" , "Yellow Submarine", atau "For No One". Lagu "Tomorrow Never Knows" sendiri menyisipkan sound-sound nglangut yang belum pernah diperoleh di album-album The Beatles sebelum nya.
Jika George asyik bereksperimen dengan musik India, John menikmati lagu nan nglangut, maka Paul memilih menyajikan lagu-lagu pop yang romantis. Komposisi "Here There and Everywhere" merupakan lagu karya nya yang terinspirasi musikalitas Beach Boys ketika Paul bertandang ke rumah John. Sementara itu Ringo untuk kali pertama membawakan satu lagu yang menjadi andalan sekaligus judul film animasi The Beatles berjudul "Yellow Submarine". Lagu ini sempat menjadi singel hits namun hasil nya tidak begitu mengembirakan seperti singel-singel The Beatles lainnya.

Track list :
- Taxman
- Eleanor Rigby
- I'm Only Sleeping
- Love You To
- Here, There and Everywhere
- Yellow Submarine
- She Said She Said
- Good Day Sunshine
- And Your Bird Can Sing
- For No One
- Doctor Robert
- I Want To Tell You
- Got To Get You Into My Life
- Tomorrow Never Knows

No comments:

Post a Comment